Kaca Laminated

Kaca Laminated

Pengertian Kaca Laminated

Kaca laminateKaca laminated adalah dua buah kaca yang melalui proses pemanasan, penekanan dan  direkatkan dengan lapisan film yang sangat kuat menjadi satu kaca. Lapisan film ini berada diantara kaca atau yang disebut interlayer yang dilekatkan / laminate dan berfungsi juga sebagai “penahan” kaca jika apabila kaca pecah tidak terjadi pecahan yang besar dan tajam yang dapat mencelakakan orang – orang di sekitarnya.

 

Pecahan – Pecahan Kaca ini tertahan pada lapisan film perekat kaca tersebut. Semakin tebal interlayer tersebut maka kaca akan semakin kuat dan kokoh.

Tebal kaca laminate
Ketebalan kaca laminated bisa dari 5 mm + 5 mm, 6 mm + 6 mm, 8 mm + 8 nn, 10 mm + 10 mm dan 12 mm + 12 mm

Sejarah kaca laminated

PVB ditemukan pada tahun 1927 oleh ahli kimia Kanada Howard W. Matheson dan Frederick W. Skirrow. PVB telah menjadi bahan interlayer yang dominan sejak akhir 1930-an. Saat ini diproduksi dan dipasarkan oleh sejumlah perusahaan di seluruh dunia, termasuk Eastman ( Kingsport, Tennessee , AS) (PVB merek Saflex), Sekisui ( Kyoto , Jepang) ( Winchester , Kentucky ) ( Cuernavaca , Meksiko ) (Film PVB merek “S-Lec” dan bubuk resin PVB), Kuraray Europe GmbH ( Frankfurt , Jerman) (“Trosifol” -merek PVB dan “Mowital / Pioloform” untuk bubuk resin PVB), Chang Chung Petrochemicals Co Ltd, Taiwan (merek “WINLITE” -merek PVB) dan EVERLAM (Hamm-Uentrop, Jerman) (merek “Everlam”).

Secure glass laminatePasar produk kaca laminasi sudah berkembang. Dengan hanya sedikit modifikasi, interlayer PVB yang dijual saat ini pada dasarnya identik dengan PVB yang dijual 30 tahun lalu. Sejak diperkenalkan pada tahun 1938, pasar dunia untuk interlayer PVB telah didominasi oleh segelintir perusahaan kimia besar. Akibatnya, upaya inventif cenderung mengarah pada metode pembuatan interlayer itu sendiri yang lebih murah, atau membuat interlayer lebih mudah ditangani dan tidak terlalu rentan terhadap cacat material selama proses fabrikasi kaca laminasi.

Bahan Lapisan Pelekat pada kaca laminated

Jenis bahan interlayer lain yang digunakan, termasuk poliuretan seperti film poliuretan termoplastik merek Duraflex, diproduksi oleh Bayer Material Science , Leverkusen  Germany. Seperti yang digunakan di sini, istilah “interlayer” mengacu pada bahan apapun yang sekarang dikenal atau dikembangkan di masa depan untuk pembuatan kaca laminasi. PVB dan poliuretan termoplastik (TPU) secara eksplisit disertakan dalam definisi “interlayer.”

Laminated EVA (Ethylene Vinyl Acetate)

lapisan kaca laminateEthylene-vinyl acetate ( EVA ), juga dikenal sebagai poly (ethylene-vinyl acetate) (PEVA ), adalah copolymer etilen dan vinil asetat . Persen berat vinil asetat biasanya bervariasi dari 10 hingga 40%, dengan sisanya adalah etilen. Ada tiga jenis copolymer EVA, yang berbeda dalam kandungan vinil asetat (VA) dan cara bahan digunakan.

Copolymer EVA yang didasarkan pada proporsi VA yang rendah (kira-kira sampai 4%) dapat disebut sebagai polietilen termodifikasi vinil asetat. Ini adalah copolymer dan diproses sebagai bahan termoplastik – seperti polietilen dengan kepadatan rendah . Ini memiliki beberapa sifat polietilen dengan kerapatan rendah tetapi kilap yang meningkat (berguna untuk film), kelembutan dan fleksibilitas. Bahan tersebut umumnya dianggap tidak beracun.

copolimer EVA, yang didasarkan pada proporsi VA sedang (sekitar 4 hingga 30%), disebut sebagai copolymer etilen-vinil asetat termoplastik dan merupakan bahan elastomer termoplastik. Itu tidak divulkanisir tetapi memiliki beberapa sifat karet atau polivinil klorida terplastis terutama pada ujung yang lebih tinggi dari kisaran. Bahan EVA yang terisi dan tidak terisi memiliki sifat suhu rendah yang baik dan tangguh. Bahan dengan sekitar 11% VA digunakan sebagai perekat lelehan panas.

Copolymer EVA yang didasarkan pada proporsi VA yang tinggi (lebih dari 60%) disebut karet etilen-vinil asetat.

EVA adalah polimer elastomer yang menghasilkan bahan yang “seperti karet” dalam kelembutan dan fleksibilitas. Bahan ini memiliki kejernihan dan kilap yang baik, ketangguhan suhu rendah, ketahanan retak tegangan, sifat tahan air perekat lelehan panas, dan ketahanan terhadap radiasi UV . EVA memiliki bau khas seperti cuka dan bersaing dengan produk karet dan polimer vinil dalam banyak aplikasi listrik.

Aplikasi

eva laminatePerekat lelehan panas (seperti stik lem panas) dan cleat sepak bola terbaik biasanya dibuat dari EVA, umumnya dengan aditif seperti lilin dan resin . EVA juga digunakan sebagai aditif peningkat kelengketan dalam bungkus plastik . film EVA digunakan sebagai interlayer untuk kaca laminate.

EVA juga digunakan dalam aplikasi teknik biomedis sebagai perangkat pengiriman obat . Polimer dilarutkan dalam pelarut organik (seperti diklorometana ). Obat bubuk dan pengisi (biasanya gula inert) ditambahkan ke larutan cair dan dicampur dengan cepat untuk mendapatkan campuran yang homogen. Campuran polimer pengisi obat kemudian dicetak ke dalam cetakan pada suhu -80 ° C dan dikeringkan-bekukan sampai padat. Perangkat ini digunakan dalam penelitian pengiriman obat untuk melepaskan senyawa secara perlahan. Polimer tidak terurai di dalam tubuh, tetapi cukup lembam dan menyebabkan sedikit atau tidak ada reaksi setelah implantasi.

Copolymer EVA adalah perekat yang digunakan dalam pengemasan, tekstil, penjilid buku untuk mengikat film plastik, permukaan logam, kertas berpelapis , dan sebagai bubuk yang dapat larut dalam pembuatan plester dan semen . Polyethylene vinyl acetate baru-baru ini menjadi alternatif populer untuk polyvinyl chloride karena tidak mengandung klorin.

Pada 2014, EVA belum ditemukan menjadi karsinogenik oleh NTP, ACGIH, IARC atau OSHA, dan tidak memiliki efek merugikan yang diketahui pada kesehatan manusia. [9] Seperti banyak plastik, sulit terurai. Satu studi menunjukkan itu mungkin memiliki efek buruk pada organisme hidup, tetapi efeknya pada manusia belum ditentukan. [8]

Laminated PVB (Poly Vinyl Butryal)

Polyvinyl butyral (atau PVB ) adalah resin yang banyak digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan ikatan kuat, kejernihan optik, daya rekat pada banyak permukaan, ketangguhan dan fleksibilitas. Ini dibuat dari polivinil alkohol melalui reaksi dengan butyraldehyde .

pvb laminateAplikasi utama adalah kaca pengaman laminasi untuk kaca depan mobil. Nama dagang untuk film PVB termasuk KB PVB, Saflex, GlasNovations, Butacite, WINLITE, S-Lec, Trosifol dan EVERLAM. PVB juga tersedia sebagai filamen printer 3D yang lebih kuat dan lebih tahan panas dibandingkan dengan polylactic acid (PLA).

Aplikasi

Otomotif dan arsitektur

Kaca laminasi , yang biasa digunakan di bidang otomotif dan arsitektur, terdiri dari lapisan pelindung, biasanya polivinil butiran, yang diikat di antara dua panel kaca. Proses ikatan berlangsung di bawah panas dan tekanan. Ketika dilaminasi dalam kondisi ini, interlayer PVB menjadi jelas secara optik dan mengikat kedua panel kaca menjadi satu. Setelah disegel bersama, kaca “sandwich” (yaitu, laminasi) berfungsi sebagai satu unit dan terlihat seperti kaca biasa. Lapisan polimer PVB tangguh dan ulet, sehingga retakan getas tidak akan melewati satu sisi laminasi ke sisi lainnya. Ketebalan dari lapisan film interlayer dari PVB adalah 0.38 mm, 0.76mm, 1.14 mm dan 1.52 mm.

Warna

warna pvb laminate

Interlayer PVB dapat dibeli dalam lembaran berwarna, seperti untuk “pita peneduh” biru atau hijau di tepi atas banyak kaca depan mobil. Interlayer PVB juga dapat dibeli dalam berbagai warna untuk pembuatan kaca laminasi arsitektural mulai dari Perunggu, Abu-abu, Hijau, Coklat, Putih dan banyak lagi. Pada akhir 1990-an, ditemukan bahwa PVB mengalami degradasi seiring waktu dalam jendela berlapis.

Modul surya

PVB telah memperoleh penerimaan di antara produsen modul surya film tipis fotovoltaik . Sirkuit fotovoltaik dibentuk di atas lembaran kaca dengan menggunakan teknik deposisi film tipis dan pola. PVB dan kaca lembaran kedua (disebut kaca belakang) kemudian ditempatkan langsung di sirkuit. Laminasi sandwich ini merangkum sirkuit, melindunginya dari lingkungan. Arus diekstraksi dari modul di kotak terminal tertutup yang dipasang ke sirkuit melalui lubang di kaca belakang. Laminant umum lainnya yang digunakan dalam industri tenaga surya adalah ethylene-vinyl acetate (EVA).

Aplikasi non-film

Resin PVB (disediakan oleh pabrikan dalam bentuk bubuk atau butiran) juga digunakan dalam berbagai aplikasi termasuk pengikat keramik teknis (sementara), tinta, tinta pita transfer pewarna, cat & pelapis (termasuk primer pencuci), pengikat untuk lembaran reflektif dan pengikat untuk media magnet. Resin PVB sangat berguna untuk mengikat logam, keramik, dan anorganik lainnya.

Sifat-sifat kaca laminasi PVB

Kaca anil , kaca penguat panas atau kaca temper dapat digunakan untuk memproduksi kaca laminasi. Meskipun kaca laminasi akan retak jika dipukul dengan kekuatan yang cukup, pecahan kaca yang dihasilkan cenderung menempel pada lapisannya daripada jatuh bebas dan berpotensi menyebabkan cedera.

Bahan pvb lamiateDalam praktiknya, interlayer memberikan tiga properti yang bermanfaat untuk panel kaca laminasi: pertama, fungsi interlayer untuk mendistribusikan gaya tumbukan ke area yang lebih luas dari panel kaca, sehingga meningkatkan ketahanan benturan kaca.

kedua, interlayer berfungsi untuk mengikat pecahan yang dihasilkan jika kaca akhirnya pecah; ketiga interlayer viskoelastik mengalami deformasi plastis selama benturan dan di bawah beban statis setelah tumbukan, menyerap energi dan mengurangi penetrasi oleh objek yang berdampak serta mengurangi energi dari dampak yang ditransmisikan ke objek yang berdampak,

misalnya penumpang dalam kecelakaan mobil. Dengan demikian, keunggulan kaca laminasi antara lain keamanan dan keselamatan. Kaca berlaminasi juga memiliki aplikasi dekoratif. Interlayer bisa diwarnai atau berpola.

Sifat kaca laminasi ini tidak cocok diterapkan pada pintu frameless tanpa bingkat atau frameless, karena kaca laminasi tidak membuat kaca lebih kuat. contoh nya : kaca 5 + 5 kekuatannya tidak akan setara dengan kaca 10 mm jikapun dipaksakan karena kesalahan konsultan bangunan bisa menggunakan pintu kaca semi frameless yang mempunay bingkai pada bagian atas dan bawah nya

Laminated SGP (Sentry Glass Plus)

SGP laminateSGP (Sentry Glass Plus) adalah interlayer yang dirancang untuk dilaminasi antara dua atau beberapa lapisan kaca. Awalnya dikembangkan untuk pasar kaca keamanan dan badai, interlayer SentryGlass Plus sekarang ditentukan oleh arsitek dan insinyur untuk aplikasi yang memerlukan kaca berkinerja tinggi.

Ketebalan dari interlayer Sentry Glass Plus mulai dari 0.89 mm, 1.52 mm, 2.28 mm, 2.53 mm dan 3.04 mm. Sentry Glas Plus hanya diproduksi oleh satu manufaktur besar yaitu DuPont.  

SGP (Sentry Glass Plus) interlayer lebih kuat dan lebih kaku dari bahan laminating konvensional, menciptakan kaca pengaman yang melindungi dari badai, benturan, dan ledakan. Interlayer menjadi komponen yang direkayasa di dalam kaca, menahan lebih banyak bobot, sehingga kaca dapat berfungsi sebagai elemen struktural yang lebih aktif dalam selubung bangunan, meningkatkan kebebasan desain sistem pembingkaian atau frame seperti pada pintu dan partisi jufa pada perawatan seperti service pintu kaca.

SentryGlass Plus  kurang rentan terhadap kelembaban, pelapukan, dan cacat tepi dibandingkan interlayer lainnya. Kaca Laminate dengan Inter Layer SGP 5 kali lebih kuat dan 100 kali lebih kaku jika dibandingkan dengan kaca laminate dengan interlayer PVB.

SGP (Sentry Glass Plus) lembar interlayer menawarkan daya rekat yang lebih baik ke sisi udara kaca tanpa memerlukan promotor adhesi. Performa optik SGP dan pembentukan kabut jauh lebih tidak sensitif terhadap laju pendinginan autoklaf.

Kabut yang lebih rendah membuat produksi laminasi yang sangat tebal dengan kualitas optik yang luar biasa mudah dicapai. SGP mematuhi kode kaca pengaman global ANSI Z97.1, EN14449, EN12543, EN12600, EN356 dan Safety Glazing Certification Council (SGCC). Dilaminasi dan dipasang dengan benar, laminasi SGP dengan kaliper 2,53 mm telah diuji dan lulus uji dampak rudal besar sesuai ASTM E 1996.

Kaca Struktural – Interlayer struktural membantu arsitek dan produsen sistem bangunan kaca memenuhi kebutuhan masyarakat akan keamanan, efisiensi energi, pengurangan kebisingan, dan persyaratan keselamatan yang lebih besar. Ini membantu arsitek melakukan lebih banyak hal dengan lebih sedikit, menciptakan ruang baru yang inovatif, sekaligus memberikan perlindungan yang lebih besar bagi penghuni. SentryGlas Plus meningkatkan ketahanan cuaca jangka panjang dari sistem kaca laminasi.

Keamanan Kaca Laminated

kaca laminateKaca Keselamatan & Keamanan – Interlayer digunakan dalam berbagai aplikasi keselamatan dan keamanan untuk menawarkan perlindungan. Saat merancang kaca pengaman untuk bangunan atau kendaraan tahan peluru dan ledakan, SentryGlas Plus akan membantu membiarkan cahaya masuk

Kaca Dekoratif – Ada banyak cara untuk mendekorasi kaca pengaman laminasi menggunakan SentryGlas Plus  interlayer dengan menyematkan jaring logam atau kain PET metalisasi atau dengan mencetak pada interlayer PVB. Interlayer ionoplast SentryGlas Plus membantu menciptakan kaca pengaman yang melindungi dari badai yang lebih besar, benturan yang lebih besar, dan ledakan yang lebih kuat. SentryGlas Plus 5 kali lebih kuat, hingga 100 kali lebih kaku dari bahan laminating konvensional.

Sentry Glass Plus banyak digunakan untuk : Kaca Badai, Kaca transportasi, arsitektur dan kaca struktural, Kaca bagian luar sambungan penutup, podium Kaca yang didukung baut dan titik fasad, Curtain wall, Kaca tepi terbuka dan kaca sayap tepi, Kaca masuk balistik, Kaca bantalan beban struktural seperti anak tangga dar kaca, lantai, jalan setapak dan kanopi.

Fungsi dan Kegunaan Kaca Laminated

Fungsi kaca laminateFungsi dan kegunaan kaca laminated pada umum nya sama saja dengan jenis kaca lainnya hanya saja pada kaca laminated fungsi keamanan lebih diutamakan dan menjadi prioritas yang sangat penting.

Kaca laminated dapat ditempatkan atau dipasang untuk interior maupun eksterior sebuah bangunan seperti pada kanopy kaca  Mengingat akan suprioritas kemampuan keamanan yang mumpuni menjadikan kaca laminated menjadikan salah satu secure glass yang sangat direkomendasikan. Kaca laminated banyak digunakan untuk curtain wall, partisi kantor, kaca mobil, kaca anti peluru atau sebagai kaca untuk kendaran tempur angkatan bersenjata.

Keunggulan dan Kekurangan Kaca Laminated

Keunggulan 

  • Tingkat keamanan yang tinggi

Pecahan kaca laminated akan tertahan pada lapisan film perekat yang berada diantara dua buah kaca. Lapisan film atau lapisan perekat inilah yang menahan agar pecahan kaca tidak jatuh dan melukai orang – orang yang berada disekitar kaca tersebut. Semakin tebal lapisan perekat maka akan semakin aman dan kuat.

Tingkat keamanan yang tinggi sangat cocok bila pasangan sekat kaca berdekatan dengan kerumunan orang, sehingga apabila terjadi hentakan yang membuat kaca pecah tidak melukai orang diseketar nya

Tingkat daya tahan terhadap paparan sinar ultra violet yang tinggi.

Lapisan Film pada kaca laminated mempunyai kemampuan untuk meyerap hampir 90% sinar ultraviolet cocok di gunakan untuk railing tangga kaca  outdoor

Dapat menurunkan tingkat kebisingan suara

Kaca laminated dapat dijadikan kaca kedap suara karena dapat menurunkan tingkt kebisingan suara. Hampir 50% tingkat kebisingan suara dapat dikurangi oleh kaca tempered

Kekurangan 

Harga tergolong mahal

Hal ini disebabkan lapisan perekat atau film yang masih mahal dan membutukan ketelitian dalam pembuatannya.

Proses pembuatan yang agak rumit

Alur proses dari kaca biasa menjadi kaca laminated memiliki alur kerja dan system yang panjang. Membutuhkan ketepatan waktu dan ketelitian dalam pengerjaannya jika salah sedikit saja maka kaca akan gagal laminated yaitu situasi dimana kaca dtidak merekat dengan sempurna.

Tidak cocok untuk pintu kaca

Kaca laminated ini tidak cocok digunakan untuk di jual untuk pintu kaca disebabkan karena pintu kaca yang dinamis dan terus bergerak buka tutup membutuhkan material lebih kuat seperti kaca tempered.

 

Perbandingan kaca laminated dengan Kaca Lain

kaca laminate VS kaca Lain

Kaca Laminated dengan Kaca Biasa

Kaca Laminate jika dibandingkan dengan kaca biasa sangat lah jauh berbeda dari tingkat keamanan kaca laminated sangat lah aman, jika kaca laminated pecah maka pecahan tersebut tidak akan membahayakan orang – orang yang berada di sekitar kaca tersebut.

Dikarenakan pecahan kaca tertahan oleh lapisan film laminated yang melekatkan dua kaca tersebut. Hal ini sangat berbanding terbalik bila dibandingkan dengan kaca biasa seperti yang banyak kita temui dengan menggunakan kusen aluminium 

Pecahan kaca biasa dapat membahayakan orang – orang disekitar kaca tersebut, karena pecahan kaca ini akan menjadi pecahan yang besar serta tajam dan jatuh lalu berserakan yang tentunya sangat berbahaya bagi orang di sekitarnya.

Kaca Laminated vs Kaca Tempered

Kedua – dua nya mempunyai tipikal yang sama yaitu sebagai secure glass hanya saja yang membedakan adalah proses pembuatan dari kedua jenis secure glass tersebut. Kaca laminated dua buah kaca di rekatkan menjadi satu sedangkan pada kaca tempered adalah kaca yang telah melalui proses pemanasan maksimal.

Dalam segi harga kaca laminated lebih mahal dibandingkan kaca tempered ini dikarenakan kaca laminated membutuhkan proses yang rumit dan additional atau penambahan bahan material untuk merekatkannya.

Pecahan kaca laminate seperti yang kita ketahui tidak jatuh dan berserakan dilantai, berbeda dengan kaca laminated pecahan kaca tempered kecil – kecl menyerupai biji jagung dan jatuh serta berserakan yang tetntunya juga dapat melukai orang – orang disekitarnya.

Kombinasi dua jenis kaca Secure Glass laminate dan tempered

kaca temperedKombinasi dua jenis kaca secure glass yaitu kaca laminated dan tempered akan menghasilkan sebuah kaca yang sangat kuat kokoh dan tingkat keamanan yang mumpuni. Tapi tentu saja untuk mengkombinasikan dua kaca ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Efektifitas dan efisensi waktu juga dapat mempengaruhi biaya. Dengan pemasangan Kaca Laminated yang mengikuti prosedur pemasangan yang baik dan benar di tambah dengan sumberdaya manusia yang ahli, handal dan berpengalaman tentunya akan memberikan hasil yang diharapkan.

Harga jual pasang kaca laminated Tangerang

Jual kaca laminate

Jual kaca laminate

Kami jual pasang Kaca Laminated di Tangerang dan juga melayani pemasangan di wilayah Jabodetabek.Untuk masalah harga jual  kaca laminate dan harga pasang kaca laminate silahkan hubungi kepada kami maka kami akan memberikan penawaran terbaik bagi anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *