Upvc vs Aluminium vs Kayu

Upvc vs Aluminium vs Kayu

uPVC VS Aluminium VS Kayu pada Jaman sekarang ini material pengganti kayu sudah sangat banyak beredar dipasaran. Semakin berkembangnya teknologi dengan pesat material – material ini semakin dapat menggantikan fungsi kayu dalam sebuah bangunan terutama dalam segi arsitektur. Pada bahasan kita kali ini.

Kita akan membahas tentang perbandingan material pengganti kayu untuk digunakan pada pembuatan kusen pintu, jendela yang menunjang dalam segi estetika dan fungsi arsitektur lainnya. Pada bahasan kali ini kami mencoba membandingkan beberapa material yang umum dipasaran dalam pembuatan kusen pintu atau jendela yaitu upvc vs aluminium vs kayu

Yang mana pada akhirnya akan kembali lagi kepada anda dalam menentukan pilihan mari kita bahas satu persatu terutama dalam penggunaannya bangunan rumah terutama kusen pada bangunan anda

Daya yang dibutuhkan

Daya atau energy yang dibutukan adalah Energy yang dibutuhkan dalam  pembuatan sebuah material mulai dari bahan mentah menjadi bahan jadi. Energy itu sendiri bisa  dari waktu, bahan dasar (raw material). Dan production Cost atau biaya produksi :

uPVC

uPVC tidak memerlukan Energy yang banyak dalam proses dari bahan mentah (Raw Material) menjadi barang yang sudah Jadi. Hal ini di karenakan uPVC mempunyai sifat dan karakteristik yang mudah di bentuk.

Aluminium

Alumunium adalah material hasil pemurnian raw matrial tambang yang bernama bauksit. Aluminium bukan merupakan jenis logam berat tapi merupakan elemen yag berjumlah 8% dari permukaan bumi dan yang paling berlimpah ketiga. Aluminium merupakan konduktor yang baik, ringan dan kuat juga merupakan kondutor yang baik untuk panas. Aluminium juga dapat di tempa menjadi lembaran. Ditarik menjadi kawat dan di ekstrusi menjadi batangan  dengan berbagai macam penampang. Dan tahan terhadap korosi dan perubahan cuaca. Alumunium membutuhkan 7,5 kali energy dibandingkan dengan uPVC dan Kayu.

Kayu

kusen aluminium pvc dan kayuKayu termasuk dalam bahan material yang dapat diperbaharui. Kayu berasal dari tumbuhan yang telah memenuhi syarat untuk dijadikan kayu. Tapi untuk menunggu umur tumbuhan agar memnuhi syarat untuk dijadikan kayu membutuhkan waktu yang sangat lama maka pada saat ini banyak kayu yang tidak memenuhi criteria untuk dijadikan bahan bangunan. Dan saat ini banyak terjadinya penebangan liar sehingga menciptakan ketidak seimbangan ekosistem lingkungan dan menjadikan bumi semakin panas.

Kekuatan dan ketahanan:

Kekuatan dan ketahanan suatu bahan adalah kemampuan suatu bahan dalam menahan tegangan, tekanan dan tarikan, setelah material tersebut selesai dibuat:

uPVC

Sama halnya dengan ALuminium UPVC juga dapat di tempa menjadi lembaran. di ekstrusi menjadi batangan  dengan berbagai macam bentuk. Tingkat ketahanan UPVC terhadap karat, korosi dan lapuk berada diatas aluminium dan kayu

Aluminium

Aluminium juga dapat di tempa menjadi lembaran. Ditarik menjadi kawat dan di ekstrusi menjadi batangan  dengan berbagai macam penampang. Dan tahan terhadap korosi dan perubahan cuaca.

Aluminium Mempunyai warna yang stabil seolah-olah tidak berkarat. Hal ini disebabkan aluminium sangat cepat bereakasi dengan oksigen yang terdapat diudaram menghasilkan aluminium oksida. Oksida yang terbentuk tidk mudah terkelupas sehingga dapat melindugi permukaan aluminium yang ada dibagian bawah agar tidak terjadi oksidasi berlanjut. Selain berupa lapisan tipis, oksida yang terbentuk juga merupan lapisan tembus cahaya sehingga aluminium seolah-olah tidak berubah (tetap mengkilat).

Kayu

Kayu tidak dapat di tarik hanya dapat di jadikan batangan dan lembaran. Kayu tahan terhadap karat namun tidak tahan terhadap serangan rayap sehingga mengakibatkan kayu menjadi rapuh dan keropos.

Pengoperasian

Pengoperasian dalam hal ini adalah tingkat kemudahan pemakaian bahan material tersebut mulai dari kemudahan pemotongan, perakitan hingga finishing menjadi barang jad :

uPVC

uPVC seperti yang sudah kita bahas diatas mempunyai karakteristik dan sifat yang mudah di bentuk. Dalam pengoperaiannya uPVC sangat halus dan tidak menimbulkan suara.

Aluminium

Walau pun sama dengan uPVC dalam hal mudah di bentuk tapi dalam pengoperasiannya aluminium tidak halus dan menimbulkan suara. Dikarenakan dampak dari pengaruh cuaca dan kelembaban yang dapat mengubah struktur dari Aluminum itu sendiri.

Kayu

Sangat tidak halus dan selalu menimbulkan suara dalam pengopersiannya.

Tingkat Pemuaian mengembang dan menyusut

Tingkat pemuaian atau mengembang dan menyusut adalah tingkat ketahanan material tersebut terhadap suhu cuaca yang ekstrim. Dimana tingkat penyusutan dan mengembang tersebut apakah dapat mempengaruhi struktur dari material tersebut dan seberapa besar dampak yang dihasilkan.

uPVC

uPVC tidak dapat mengembang dan mengkerut yang dapat mengakibatkan perubahan struktur. Ini dikarenakan uPVC tahan terhadap perubahan cuaca dan tingkat kelembaban yang mempengaruhi suatu material.

Aluminium

Aluminium sangat mudah menghantarkan panas hal ini dapat mengakibatkan gangguan dan perubahan struktur jika pemasangan dan perakitan awal tidak sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang di tetapkan.

Kayu

Kayu Menyerap Kelembaban yang dapat mengakibatkan kayu dapat lapuk. Seiring pemakaian jangka panjang kayu juga dapat mengkerut dan menimbulkan celah atau gap pada tiap sudut sambungan.

 

Ketahanan Panas

Katahanan panas adalah kemampuan barang material dalam menahan panas dari pancaran sinar matahari dan paparan sinar ultra violet pada uPVC VS Aluminium VS Kayu

uPVC

profile kusen upvcuPVC seperti pada karakter dan sifat bahan materialnya adalah material yang dapat menahan panas dengan baik, menjadikan uPVC konduktor ata penghantar panas yang buruk.

Aluminium

Aluminium adalah material yang mudah menghantarkan panas. Panas dengan mudah terserap oleh aluminium yang menjadikannya sebagai konduktor atau penghantar panas yang baik.

Kayu

Kayu menurut sifatnya adalah penghantar panas yang buruk karena panas tidak mudah terserap oleh kayu namun bila dibandingkan dengan uPVC material kayu masih dibawahnya.

 

Sampah

Dalam bahasan kita kali ini akan mencoba membandingkan material – material tersebut jika sudah tidak dipakai, apakah bisa di gunakan lagi atau tidak dan berapa kali dapat di daur ulang untu setiap bahan.

uPVC

kisi kisi upvchampir 99 % material uPVC dapat di pisahkan dengan mudah. Material uPVC dapat di daur ulang hingga 10 kali dan dapat di lebur menjadi bentuk yang lain atau menjadi material baru dengan bentuk yang sama

Aluminium

Pemisahan material aluminium dari material sangat lah sulit ini dikarenakan banyaknya material lain seperti  cat, Sealant dan berbagai macam lapisan proteksi.

Material aluminium dapat di daur ulang hampir selamanya. Aluminium dapat dilebur dan dibuat menjadi barang atau material baru.

Kayu

Pemisahan material kayu sangat sulit sama seperti Aluminium terdapat material pendukun lainnya pada kayu seperti : cat, dempul dan material proteksi lainnya. Material kayu hampir tidak dapat di daur ulang. Material kayu tidak dapat di olah kembali menjadi bahan yang baru.

Kekuatan terhadap korosi

Kekuatan terhadap korosi adalah kemampuan bahan material dalam mengatasi korosi atau karat yang disebabkan oleh paparan air baik itu air hujan maupun genangan air yang terkumpul pada sela – sela tepi sambungan :

uPVC

jalusi upvcuPVC tidak menimbulkan karat yang dikarenakan oleh air. Ini karenakan bahan material uPVC berbahan dasar plastic.

Aluminium

Aluminium dapat menjadi karat atau minimal berubah warna. Karena Aluminium berbahan yang rentan terhadap oksidasi udara dan kelembaban.

Kayu

Kayu tidak lapuk hanya jika terpapar oleh air dalam jangka waktuyang lama maka kayu akam menjadi lapuk.

Ketahanan terhadap api

Ketahanan terhadap api adalah tingkat kekuatan bahan material tersebut dapat menahan panas dari api. Umumnya bila suatu benda terkena apa maka benda tersebut akan mengalami perubahan bentuk baik itu meleleh atau hancur menjadi debu karbon.

uPVC

UPVC sangat mudah meleleh diatas suhu 600 Celcius uPVC akan dapat berubah bentuk

Aluminium

Mempunyai titik lebur yang tinggi kira dalam 6000 Celcius

Kayu

Kayu material yang mudah terbakar dan menangkap api, sehingga kayu sangat rentan terhadap serangan api.

Kedap terhadap suara

Kedap Suara adalah kekuatan suatu bahan material dalam menahan atau mengurangi rambatan atau gelombang suara yang masuk maupun yang keluar.

uPVC

jendela upvcInstalasi jendela uPVC dapat mengurangi tingkat kebisingan hingga 50 % hingga 80 % tergantung pada Pemasangan kaca pada uPVC tersebut.

Aluminium

Aluminium bukannlah penahan rambatan suara tingkat kebisingan dapat dikurang kurang dari 10 %

Kayu

Untuk kayu kemampuan dalam mengurangi tingkat kebisingan diatas aluminium namun jauh jika dibandingkan uPVC. Kemampuan kayu dalam mengurangi kebisingan suara sekitar 15 % sampai dengan 20%

Estetika

Tampilan barang material setelah dipasang pada sebuah bangunan dapat meningkatkan segi keindahan atau tidak dan dapat menambah nilai lebih dari sebuah bangunan tersebut.

uPVC

Terlihat tebal dan tampilan kurang menarik dikarenakan bahan plastic terlihat jelas.

Aluminium

Minimalis, sederhana dan ramping

Kayu

Elegan, mewah dan antic dapat diperlihatkan oleh material kayu

Berat

Perbandingan Berat disini adalah perbandingna material yang sudah jadi, hal ini mempengaruhi langsung dalam proses perakitan dan pemasangan barang material tersebut.

uPVC

jendela upvcLebih berat jika dibandingkan aluminium tapi lebih ringan jika dinbandingkan dengan kayu

Aluminium

Lebih ringan dibanding uPVC dan kayu

Kayu

Lebih berat dari uPVC dan aluminium

Finishing atau hasil akhir

Finishing berkaitan dalam tampilan bahan material tersebut ini berhubungan langsung dengan tampilan warna dan proses tahap akhir dari uPVC VS Aluminium VS Kayu.

uPVC

uPVC dalam tampilan bahan terlihat tebal dan tidak sedap dipandang, juga tampilan uPVC seperti Plastik biasa.

Aluminium

Tampilan bahan aluminium terlihat sangan mewah dan minimalis, ramping dan terlihat bersih.

Kayu

Kayu Menapilkan kesan tradisonal dan tampilan ke aslian alam “natural Look”, Disamping tampilan mewah dan antik

Jangka waktu pengunaan

Rentang waktu penggunaan bahan material 

uPVC

tahan terhadap oksidasi dan korosi

Aluminium

Pewarnaan dengan anodis dan powder coated dalam pemakaian jangka panjang akan memudar

Kayu

Akan memudar dengan cepat perlu perawatan yang konstan untuk pewarnaan kayu

Maintenance

Tingkat kemudahan dalam perawatan bahan material tersebut

uPVC

tidak memerlukan perawatan khusus dan berkesinambungan.

Aluminium

Dalam pemakaian jangka panjang perlu perawatan berkala

Kayu

Memerlukan perewatan dan perhatian khusus karena material kayu sangat mudah pudar dan lapuk.

Harga

Perbandingan harga barang material tersebut.

uPVC

upvs profileHarga uPVC lebih murah dibandingkan aluminium dan kayu.

Aluminium

Aluminium mempunyai harga yang lebih mahal dari uPVC tapi lebih murah jika dibandingkan dengan kayu

Kayu

Lebih mahan jika dibandingkan uPVC dan ALuminium dan memmerlukan biaya tambahan untuk perawatannya.

 

Kesimpulan

Kesimpulannya UPVC dapat di jadikan alternative penganti Aluminium dan kayu. Dengan anggaran terbatas uPVC dapat menjadi salahsatu solusi yang terbaik setelah mengetahui uPVC VS Aluminium VS Kayu

upvc conchDengan tim yang berpemngalaman kami dapat membantu anda dalam menentukan pilihan. jJngan ragu untuk mengkonsultasikan kepada kami, baiuk itu harga, model dan waktu penegrjaan kami siap dengan senag hati membantu anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *