Partisi Kaca

Partisi Kaca

Partisi kaca tangerangPartisi kaca adalah pembagi / partisi ruangan yang menggunakan  kaca sebagai bahan material utamanya. Untuk membagi ruangan atau nge partisi ruangan  tidak hanya dari bahan kaca saja, material bisa menggunakan kayu,  triplek, ornamen, grc, gypsum, tembok, tirai, dan banyak pilihan lainya,  namun diantara banyak pilihan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing. Pilihan yang tepat untuk partisi ruangan sebenarnya kembali lagi kepada peruntukan ruangan dan budget yang mendukung untuk mewujudkan fungsinya

Partisi ruangan dibutuhkan untuk pembatas ruangan agar tertata rapi dan dimanfaatkan berbeda, tidak campur aduk dan kelihatan kumuh dengan perabotan yang tidak pada tempatnya. Misalkan pada sebuah kantor, sekat ruangan kantor membagi area untuk digunakan sebagai ruang karyawan, front office, bos, dan berbagai bagian lainnya. Jika dalam dalam sebuah rumah, sekat ruangan tamu, ruang keluarga, tempat bermain anak dan taman diperlukan agar rumah atau kantor kelihatan rapi, tertata dan membuat nyaman berada didalamnya.

Partisi KacaAgar terasa nyaman dan terlihat tertata rapi partisi ruangan yang baik harus dibuat  menggunakan bahan yang tepat kalau bisa mengikuti tema desain arsitektur kekinian seperti sekat ruangan minimalis  atau bertema classic/retro seperti banyak ukiran dan banyak pilihan lainnya

Partisi kaca cocok untuk tema desain minimalis, efek tembus pandang dan pencahayaan yang luwes dan lega dari kaca cocok diterapkan pada ruangan kantor sehingga terlihat rapi, bersih dan tetap undercontrol of the bos. hehe…. Partisi kaca kerap di kombinasiin dengan gypsum karena lebih murah dan gampang dipasang.

Kebihan dan Kekurangan

kebihan dan kekurang produk ini yang kami uraikan berikut ini 

Kelebihan

  1. View puas dan lega
  2. Proses pasang cepat dan tidak mengotori tempat seperti semen, pasir dll
  3. Harga murah daripada dinding
  4. Suatu saat bisa dipindah dan di geser atau dibawa pulang jika kontrakan toko berakhir
  5. Banyak pilihan jenis kaca dan warna
  6. Tidak membebani struktur bangunan
  7. Terkesan minimalis sehingga banyak disukai

Kekurangan

  1. Bisa pecah dan melukai
  2. Sirkulasi udara kurang 
  3. .Meredam panas karena sirkulasi udara terhambat oleh kaca
  4. Boros listrik AC untuk melawan sirkulasi udara yang tidak berputar
  5. Susah melewati tangga jika dipasang pada banguan bertingkat yang tidak memiliki elevator
  6. Tidak privasi

Penggunaan Partisi Kaca

Lokasi penggunaan untuk :

  1. Sekat Ruangan Kantor
  2. Fasade bangunan 
  3. Showroom
  4. Dealer mobil
  5. Partisi depan toko
  6. Sekat kaca kamar mandi
  7. Interior caffe minimalis

Penggunaan sekat ruangan ini apabila berhubungan dengan tempat umum atau public area sangat disarankan menggunakan secure glass, mengingat profile pengunjung yang beraneka ragam dan kaca yang bisa saja pecah jika terbentur benda keras tidak menciderai orang disekeliling nya. 

Penggunaan pembagi ruangan ini biasanya akan di ikuti oleh pintu kaca sebagai tempat akses keluar masuk antar ruangan.

Ada 2 macam bukaan partisi kaca

Tipe Dinamis

partisi dinamis

partsi kaca dinamisTipe dinamis ini adalah partisi kaca yang bisa dibuka tutup mengikuti fungsi ruangan.  Seperti pada ruang rapat atau aula. Biasanya menggunkan sistem lipat dan menggunakan rel untuk jalur arah gerak nya. Periperal pendukung ( aksesoris ) buat pemasangan kaca ini termasuk mahal dan masih di import dari luar negri, bahkan sekarang sudah bisa pakai motoric yang bisa membuka dan menutup sendiri. Peripheral untuk kedinamisan produk ini ada masa pakai nya dan harus diganti berkala. 

Pada tipe dinamis ini desainer tidak bisa berbuat banyak untuk menata lebih bagus, karena harus menyesuaikan kemampuan pheriperal yang ada dari segi dimensi panjang x lebar dan luas. Pada bukaan ini cenderung mengarah kepada pintu lipat

Tipe Statis

sekat kantorUntuk tipe statis ini  paling banyak digunakan, sistemnya dengan mengunci disekeliling kaca agar tidak bergerak dan kokoh terpasang. biasanya dengan di tanam pada opening ( kongliong ) disekeliling kaca. Pada tipe statis kita bisa mendesain dan berbagai kombinasi ukuran dan luas bidang kacanya. Seperti partisi kaca yang dibuat melingkar, kotak lurus, octagon ( segi 8 ) dan sebagainya.

Jenis partisi kaca

Penggunaan kaca yang beraneka ragam sebagai panel pada partisi kita, menemukan istilah nama dan penyebutan yang berbeda terhadap partisi kaca. padahal tetap aja partisi kaca ( sekat ruangan dari bahan kaca ), cuman perubahan spefisikasi kaca atau framenya membuat penamaan produk ikut berubah. Penggunaan bingkai atau frame juga ikut mentransisi penaaman dari produk ini.  beberapa di antara nya kita kenal dengan  :  

Partisi Kaca Tempered

kaca tempered tangerangPartisi kaca tempered adalah sekat ruangan dengan mengunakan kaca yang tidak melukai kalau pecah. Proses tempered membuat kaca biasa menjadi secure glass yang tidak membahayakan. Produk ini juga bisa mengguna frame sebagai pemanis disekelilingnya. 

Produk ini sangat highly recomended diterapakan pada semua partisi kaca. Menggunakan kaca dari tebal 5mm, 6mm, 8mm. namun kebanyakan menggunakan kaca tebal 10 mm dan 12 mm. Apalagi jika digunakan sekat ruang keluarga atau ruangan pelayanan masyarakt.

kaca pada produk ini menggunakan kaca lembaran biasa yang telah diproses pemanasan oleh pabrik kaca yang dinamakan proses kaca tempered, jika pecah berbentuk butiran jagung 

Partisi kaca non tempered

Partisi kaca tidalah beda dengan kaca tempered diatas, hanya saja kaca yang dipakai tidak melalui secure glass processing  seperti tempered atau laminate. Produk ini menggunakan kaca biasa yang masih belum aman dan akan membahayakan orang ketika pecah. Penggunakan jenis ini tidak sangat disarankan, apalagi kaca yang dipakai lebih tipis dari 10 mm.

Untuk kondisi tertentu kaca tetap dipakai dengan alasan keterbatasan budget. tapi hal ini bisa diatasi dengan menggunakan kaca film dan stiker kaca yang lumayan menahan pecahan kaca jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. 

Partisi Aluminium

partisi kaca tengerang kusen aluminiumPartisi aluminium sekat kaca yang menggunakan aluminium sebagai frame / bingkai / kusennya. Sekat dari aluminium terlihat cocok dikombinasikan dengan kaca. Partisi kaca dan aluminium disebut juga dengan partisi kusen aluminium.

Ini pilihan paling hemat untuk sekar ruangan, kenapa ? Dengan menggunakan kusen aluminium kita bisa menggunakan kaca yang lebih tipis, ini drastis mengurangi biaya pemasangan. Namun sangking banyak dan pasarannya dipakai rasa jenuh sudah mulai terasa berpindah kejenis frame lain.

Partisi kusen aluminium tersedia dengan merek bahan Alexindo, Ykk, Alcomexindo, Superex, Dacon, Aluprima, HP metal dan merek “blank” yaitu tanpa merek yang bisa kita kasih label sendiri. 

Kusen aluminium pada merek di atas ada 2 ukuran yaitu 4 inch dan 3 inch. dan ketebalan plat masing masing merek aluminium dari 0,9mm sampai 1,4 mm. Pilihan warna ada warna natural aluminium ( CA ), Coklat, Hitam, Putih dan warna costum sesuai selera dengan powder coating. 

Partisi kaca UPVC

UPVC ( Unplastized Polivinyl Chloride ) adalah generasi terbaru sebagai bingkai partisi kaca, namun karena masih baru UPVC tergolong langka dan susah didapat didaerah selain Jakarta. Sense of View yang beda dari UPVC membuat kesan lebih hommie dan futuristik. Bebebapa merek upvc ini seperti Conch, Rotto, Broco dan banyak merek lainnya.

Partisi Stainless Steel

kaca kusen stainlessStainless Steel juga bisa menjadi kombinasi partisi kaca. Kilau stainless steel membuat partisi terlihat lebih mewah, bersih dan futuristik. Harga untuk partisi stainless steel ini adalah yang paling mahal di antara partisi yang kami buat 

Membuat sekat ruangan kusen stainless stell ini lebih ribet dari pada kusen yang lain di atas, karena frame yang di atas itu sudah jadi, sementara pada stainless steel ini di fabrikasi sendiri dari bahan plat sehingga membentuk kusen. Namun hasil yang didapat tidak pernah mengecewakan, sense of view kusen stainless ini adalah yang terbaik menurut kami. 

Partisi Kaca Framless

Partisi kaca framless ini adalah partisi kaca yang pemasangannya tidak menggunakan frame atau bingkai sama sekali. Kaca nya langsung ditanam ke tembok dan lantai dengan cara membobok kemudian di tarok kaca, dan ditutup kembali dan difinishing dengan sealent. Biasa juga di sebut dengan kaca tanam

Sekat ruang kaca frameless ini terlihar minimalis tanpa rangka dan lebih hemat karena tidak ada budget yang habis untuk membeli frame, namun tanpa rangka ini membuat kaca yang dipakai lebih tebal yaitu 10 mm sampai 12 mm.

Kekurang produk ini jika ada barang yang tidak sengaja tersepak atau melenting dan mengenai langusng ke kaca, bukan ke frame. Benda keras seperti batu. Sepengelaman kami, kami menemukan kaca pecah akibat lentingan batu yang terlindas mobil.

Partisi kaca bingkai Kayu

Kayu juga sering dipakai dan dikombinasikan dengan kaca. namun kelemahan material kayu yang bisa lapuk, dimakan rayap, susah didapat menyebabkan orang susah menerapkannya akhir akhir ini. 

Pemasangan Partisi Kaca

Pemasangan partisi kaca tidak beda dengan pemasangan material bangunan lainnya, hanya saja perlu kehati-hatian jangan sampai kaca pecah saat proses pemasangan. Proses pemasangan partisi kaca yang memakai frame cukup dengan menempelkan kelantai dan sekeliling opening dengan menggunakan sekrup / dynabolt dan difinishing sekelilingnya agar kelihatan tapi. Finishing bisa menggunakan sealent atau compoun.

Tahapan pemasangan partisi kaca

  1. Mengukur bidang kaca yang dipasang
  2. Memastikan kaca bisa diakomodir sampai kelokasi tanpa ada kendala. Terkadang ukuran kaca yang jumbo membuat susah dipasang pada bangunan bertingkat yang tidak ada akses lift / tangga alat bantu lainnya 
  3. Membagi bidang kaca agar terlihat simetris antar potongannya
  4. Memotong kaca ukuran lembaran dari pabrik sesuai ukuran dilapangan. Ukurannya kaca lembaran beraneka ragam tapi ukuran kaca lembaran paling besar maksimal 360 cm x 240 cm
  5. Memasang kaca dengan frame atau frameless
  6. Memperkuat kaca yang terpasang agar tidak goyang dan ringkih 
  7. Memfinishing pekerjaan pemasangan kaca dengan sealent dan pembersihan

Harga partisi kaca

Harga pasang partisi kaca adalah dengan harga sekian rupiah permeter persegi m2 terpasang. Ini tergantung jenis kaca dan frame yang akan dipasang seperti daftar diatas. Adapun rentang harga pemasangan mulai dari Rp. 300.000,- sampai dengan Rp. 850.000,- permeter persegi.

Cara paling mudah untuk mengetahui berapa harga partisi kaca adalah dengan menghubungi kami untuk survey dan mengukur luas yang akan di pasang sekaligus memberikan saran spesifikasi terbaik .

Kami memberikan layanan konsultasi, survey dan penawaran gratis..!! segera hubungi kami untuk mengetahui nya.  

Silahkan contact us,  kami akan survey dan meberikan penawaran terbaik pemasangannya di tempat anda. Gratis,,!! Silahkan hubungi kami di 0811 9831 99 atau di email : [email protected]

Harga kami paling murah bisa di adu dengan perusahaan lain, pengerjaan di tempat kami dilakukan oleh tenaga tukang specialis kaca yang berpengalaman dibidang nya. Kami menjual pembatas ruangan ini  dengan material sekaligus pemasangan. 

Kesimpulan

Setelah mengentahui jenis dan macam produk ini, kita bisa mengkombinasikan antara Fungsi, Spesfikasi, Budget untuk menentukan pilihan terbaik dan tepat untuk dipasang pada bangunan. Tidaklah semua yang mahal itu terbaik dan tidak lah semua yang murah itu jelek

Sumber Referensi

  1. www.pasangaluminiumkaca.com
  2. www.pinterest.com
  3. www.wikipedia.org

 

Summary
product image
Author Rating
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Brand Name
Toko Kaca Tangerang
Product Name
partisi kaca
Price
IDR 500000
Product Availability
Available in Stock
Post Tagged with , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *