ACP Seven VS GRC

ACP Seven VS GRC

GRC  adalah Singkatan dari Glass-Fibre Reinforced Concrete di bandingkan dengan ACP  Seven (Aluminium Composit Panel) merek Seven

Salah satu klien kami di bilangan Tangerang menghubungi kami, meminta untuk pemasangangan Aluminium Composite Panel (ACP) di tempatnya. Segeralah kami meluncur kesana, di sana kami di terima oleh salah satu Project Manager (PM) yang di tugaskan untuk mendampingi kami. Di proyek tersebut ada beberapa pilar expose berjumlah 10 dan terlihat seperti baru. Hanya saja di beberapa bagian terlihat cat yang sudah mengelupas. Dari bahan yang kami lihat pilar tersebut di bungkus oleh GRC dan Project Manager meminta kami untuk mengganti GRC tersebut dengan ACP.

       GRC

Pada dasar nya GRC material yang memang di peruntukan untuk pemasangan di luar ruangan selain tahan air GRC juga tahan terhadap api dan alkali ini terlihat dari spesifikasi dari GRC tersebut. Yang jadi permasalahan nya adalah jika GRC ini harus di kombinasikan dengan material lain seperti compound dan cat. Jika penerapan komponen materian ini tidak sesuai dengan petunjuk yang sudah di sediakan maka daya tahan dari material pendukung ini menjadi sangat rentan seperti cotoh dengan mengelupasnya cat .Di samping itu perubahan cuaca yang extreme, dan perubahan suhu yang signifikan juga di tambah dengan tingkat kelembaban yag tinggi dapat mengurangi daya tahan dari material tersebut. GRC serig menjadi pilihan selain harganya yang murah juga karena pemasangan nya pun relative muda, karena tingkat daya tahan dan kemudahan itulah GRC sering dijadikan pilihan untuk pemasangan sekat ruangan atau pemasngan dinding luar ruangan.

GRC

ACP (Aluminium Composite Panel) seperti kita ketahui adalah lembar panel yang terdiri dari Aluminium dan Plastik PVC kekuatan material dari ACP (Aluminium Composite Panel) ini bisa di katakan 5 kali lebih kuat dari GRC dan tentunya dari segi harga pun lebih mahal. Untuk warna dari ACP sendiri ada beberapa warna yang mudah pudar sepert contoh warna merah dan biru yang mempunyai daya tahan maksimal “hanya” 3 tahun sudah pudar, dan untuk warna yang lainnya mempunyai daya tahan 5-10 tahun untuk pudar. beberapa produsen ACP (Aluminium Composite Panel) memberikan garansi warna antara 5 – 10 tahun.

Warna ACP Seven

Warna ACP Seven

Dikarenakan harga nya yang lumayan mahal di perlukan tenaga professional dalam pemasangannya, karena dalam pemasangan ACP tidak hanya kita berbicara pasang saja tapi kita juga harus melihat estetika atau tata letak dari ACP (Aluminium Composite Panel) tersebut terutama garis antar panel ACP (Aluminium Composite Panel) yang disebut “Nat” dan juga harus memperhitungkan efisiensi pemakaian bahan terhadap bidang yang akan dipasang. Efektivitas dan efisiensi pemakaian ACP (Aluminium Composite Panel) sangat di perlukan dan menjadi factor yang utama oleh karena itulah di perlukan vendor pasang acp yang profesional dan berpengalaman.

ACP (Aluminium Composite Panel) merupakan perpaduan antara plat aluminium dengan bahan composit sehingga menghasilkan lembaran yang kuat, kaku namun relative ringan. Warna yang tersedia adalah metalik dan warna non logam. Untuk pemesanan khusus permukaan nya dapat dibuat dalam berbagai pola atau pattern sesuai dengan permintaan. Pola yang biasannya dipakai adalah pola yang meniru dari bahan – bahan material lainnya seperti keramik, kayu, logam dan pola lainnya. Lembaran ACP (Aluminium Composite Panel) biasanya di produksi dengan ketebalan antara 3 – 5 mm dengan lebar  1.220 mm dan panjang  2.440 mm untuk ukuran standar, dan lebar 2.440 mm dengan panjang 4.880 cm untuk ukuran penuh.

ACP Seven vs GRC

ACP Seven vs GRC

Dalam pemakaiannya ACP (Aluminium Composite Panel) sering digunakan sebagai penutup dinding pada gedung maupun rumah tinggal. ACP (Aluminium Composite Panel)  juga sering di kombinasikan dengan material lain seperti kaca dan logam untuk keindahan arsitetur sebuah bangunan, sedang untuk interion ACP (Aluminium Composite Panel) sering digunakan untuk partisi, penutup kolom dan untuk artistik plafon.

Jenis – jenis ACP (Aluminium Composite Panel) menurut lapisannya terdiri dari 2 jenis yaitu :

  1. Polyester (PE) biasanya digunakan untuk interior.
  2. Poly Vinyl De Flouride (PVDF) biasanya digunakan untuk eksterior.

Kelebihan dari ACP (Aluminium Composite Panel) adalah :

  • Mempuyai daya tahan yang tinggi terhadap cuaca dan iklim
  • Mudah dalam pengaplikasian dalam beberbagai bentuk konsep disain modern.
  • Permukaan yang rata dan halus.
  • Bahan intinnya terbuat dari Polyetthilene sehingga lembaran ACP (Aluminium Composite Panel ) menjadi tahan api.
  • Tersedia dalam berbagai jenis warna dan pola.

Kekurangan dari ACP.

  • Penelitian mengungkapkan bahwa lapisan polyetthylene dan lem pengikat pada aluminium akan mengeluarkan gas beracun jika terpapar panas inggi.
  • Jika system grounding dari bangunan utama kurang baik akan mengakibatkan lembaran ACP (Aluminium Composite Panel) akan mudah tersambar petir

Langkah pemasangan ACP (Aluminium Composite Panel).

  • Percayak pemasangan ACP (Aluminium Composite Panel) pada kontraktor composite panel yang sudah berpengalaman dan ahli di bidangnya.
  • Pastikan dinding plesteran sudah rapi dan siap di pasangi braket.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, usahakan untuk melakukan proses marking dengan seksama dan teliti.
  • Pastikan kan untuk ACP (Aluminium Composite Panel) yang dipasan sesuai dengan jenismya.        

GRC dan ACP merupakan material diluar struktur yang kegunaannya berfungsi sebagai penambah estetika dan tampilan sebuah bangunan atau yang kita kenal denga material arsitektu. Walau keduannya mempunyai fungsi yang sama, dalam hal maintenance mempunyai beberapa perbedaan yang signifikan. Efektivitas dan efisiensi dalam hal penanganan, waktu dan terutama biaya sangatlah jauh berbeda.

ACP vs grc

ACP vs grc

GRC mempunyai keunggulan dalam hal harga yang murah mudah di aplikasikan tidak memerlukan tukang yang professional dan peralatan yang banyak. Tapi dalam hal perawatan GRC maximal dalam jangka waktu 1 tahun atau bisa kurang dari 1 tahun jika kondisi cuaca yang ekstrim dengan tingkat kelembaban yang tinggi di perlukan perawatan menyeluruh seperti pengecatan ulang penambalan sambungan yang lepas atau terkelupas semua ini tentunya memerluka biaya yang tidak sedikit yang harus dilakukan dalam waktu yang relative singkat.

ACP mempunyai keunggulan di segi kekuatan dan jangka waktu perawatan, dalam perawatan ACP hanya 3 tahun sekali secara umum hanya saja dalam perawatan ACP tidak ada pengecatan ulang tapi pengantian panel. Yang dalam hal ini jika terlihat buram karena debu kotoran ACP dapat di bersihkan atau di cuci dengan mudah.

Dalam hal berat perlembar ACP lebih berat dibandingkan GRC jadi jika kita hendak mengganti GRC dengan ACP dipastikan dulu Struktur rangkanya kuat yang mampu menopang panel ACP jika struktur rangka kurang kuat dipastikan harus diganti dengan struktur rangka yang lebih kuat.

ACP Seven vs Grc ? semua kembali kepada pilihan kita mengacu kepada efesiansi waktu, tenaga dan biaya.

Summary
acp seven vs grc
Article Name
acp seven vs grc
Description
Perbandingan pemanfaatan grc dan acp seven pada fasade bangunan
Author
Publisher Name
tokokaca.co.id
Publisher Logo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *